Pages

New Posts

Recent Posts Widget

Tuesday, August 11, 2015

Makanan yang Meningkatkan Kesuburan




Pola hidup yang tidak sehat menjadi salah satu penyebab sulitnya seseorang untuk hamil. Penting untuk anda menjaga kebiasaan hidup sehat termasuk dalam konsumsi makanan. Dengan memberikan asupan gizi yang seimbang setiap hari dapat mendukung pembuahan dan perkembangan calon janin. Bagi anda yang ingin cepat hamil anda dapat menambah konsumsi nutrisi berikut untuk meningkatkan produksi hormon yang berhubungan dengan kesuburan, testosteron dan estrogen. Berikut adalah jenis makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi yang dipercaya dapat membantu meningkatkan kesuburan :


Asam Folat
Asam folat memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan nutrisi sebelum dan selama kehamilan. Asam folat akan membantu dalam periode pembelahan sel yang cepat dalam pertumbuhannya. Persiapkan kehamilan anda dengan kecukupan asam folat sehingga membantu mengurangi resiko gangguan perkembangan bayi. Asam folat sangat penting selama tahap prakonsepsi dan awal kehamilan untuk mencegah bayi lahir cacat.
Kandungan asam folat juga sangat baik untuk membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.
Terdapat pada :
sayuran hijau seperti asparagus dan bayam
biji-bijian seperti kacang badam, kacang hijau dan biji bunga matahari
hati ayam atau  hati sapi

Vitamin B
Banyak penelitian yang menghubungkan antara vitamin B dengan kesuburan reproduksi. Kandungan vitamin B yang berperan dalam kesuburan adalah vitamin B12 untuk pria dan vitamin B6 untuk wanita.
Terdapat pada:
Gandum, ikan laut, kacang-kacangan, susu dan telur.

Vitamin D
Vitamin D berhubungan dengan kesuburan dimana dapat menyeimbangkan hormon yang mempengaruhi reproduksinya. Sinar matahari juga memberikan sumbangan dalam ovulasi pada wanita mengakibatkan sel telur yang akan tertanam menjadi berpeluang tinggi terhadap kehamilan. Vitamin D juga berperan positif untuk meningkatkan kesuburan pria.
Terdapat pada:
Sereal, keju, hati, telur, jamur dan susu.

Zat Besi
Kandungan zat besi yang rendah akan mempengaruhi infertilitas atau kesuburan. Anda dapat mempersiapkan kehamilan dengan konsumsi zat besi sehingga dapat menghindari kekurangan darah saat masa kehamilan tiba. Besi sangat penting untuk mempertahankan siklus menstruasi seimbang, karena banyak wanita yang kekurangan zat besi cenderung memiliki menstruasi yang tidak teratur.
Zat besi juga membantu menyuburkan sperma, selain itu ia merupakan makanan afrodisiak yang sangat baik dalam meningkatkan gairah seksual.
Terdapat pada:
Daging sapi, salmon, tuna, telur, tahu, selai kacang dan kismis.

Omega 3
Asam lemak omega 3 dapat dihasilkan secara alamiah akan tetapi untuk anda yang mengalami gangguan kesuburan maka konsumsi makanan omega 3 yang dihubungkan dengan kualitas embrio. Omega 3 berperan dalam membantu memperlancar aliran darah sehingga menghasilkan plasenta yang sehat dibutuhkan bayi. asam lemak Omega-3, asam lemak esensial yang memiliki efek langsung pada tingkat hormon. Omega-3 diyakini memiliki efek yang sangat besar pada peningkatan kesuburan. Omega-3 biasanya ditemukan pada minyak zaitun. Studi menunjukkan bahwa Omega 3 benar-benar dapat meningkatkan kualitas baik sperma atau pun sel telur, sehingga menjadi bagian penting dari diet kesuburan bagi pria dan wanita yang berusaha untuk memiliki keturunan.
Terdapat pada:
Stroberi, minyak ikan, minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Air
Mengkonsumsi air dapat dihubungkan dengan peningkatan kesuburan sehingga hormon kesuburan, yang berperan pada wanita yaitu hormon estrogen akan meningkat. Selain itu air putih sangat berperan dalam peningkatan kesuburan pria yaitu hormon testosteron. Bagi yang melakukan terapi kesuburan biasanya disarankan untuk mengkonsumsi air mineral dengan jumlah yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Bahkan penelitian baru-baru ini menunjukan adanya peningkatan hormon pada wanita maupun pria ketika mandi di pagi hari menggunakan air dingin sehingga dapat meningkatkan kesuburan.

makanan yang meningkatkan kesuburan

Kalsium
Kalsium adalah nutrisi penting bagi perempuan dalam semua tahap kehidupan, termasuk kehamilan. Kebanyakan ibu hamil memahami pentingnya mendapatkan cukup kalsium untuk mendukung perkembangan tulang bayi, serta untuk menjaga pasokan kalsium tubuhnya sendiri. Kalsium pun penting artinya selama fase prakonsepsi untuk membantu meningkatkan kesuburan. Menambah asupan kalsium dari sumber makanan kaya lemak susu, tidak hanya akan membantu memperkuat tulang, tetapi sebenarnya juga membantu sistem reproduksi berfungsi lebih efisien. Wanita yang mencoba untuk hamil harus memenuhi sekitar 1.000 miligram kalsium per hari, setara dengan sekitar 8 ons gelas susu.
Penelitian terbaru menyimpulkan bahwa produk susu yang dikonsumsi harus yang tinggi lemak untuk meningkatkan kesuburan, produk susu rendah lemak tidak memiliki efek positif yang sama untuk meningkatkan kesuburan. Bahkan, penelitian menemukan, wanita yang mengonsumsi susu rendah lemak memiliki penurunan kesuburan. Selama berat badan Anda berada dalam kisaran normal, sebaiknya pilih susu tinggi lemak untuk setidaknya satu porsi harian kalsium Anda.
Terdapat pada:
seperti susu, yogurt, es krim dan keju

Karbohidrat Kompleks
Dalam beberapa tahun terakhir, karbohidrat telah mendapat cap buruk. Banyak orang menghindari karbohidrat dengan alasan dapat membuat lingkar pinggang besar. Beberapa wanita yang sedang berusaha untuk hamil keliru jika mereka berpikir bahwa harus menghindari karbohidrat untuk mempertahankan berat badan mereka. Tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, tidak hanya sehat, tetapi dapat membantu meningkatkan kesuburan, tidak seperti karbohidrat yang ditemukan dalam roti olahan dan nasi putih.
Terdapat pada:
Gandum, sereal, biji-bijian.

Anti Oksidan
Ketika radikal bebas menumpuk di dalam tubuh, mereka dapat menyebabkan sejumlah besar masalah kesehatan, termasuk gangguan pada hormon reproduksi. Antioksidan dan fitokimia terutama yang terdapat pada buah dan sayur membantu menghilangkan radikal bebas bahkan dapat menghilangkan racun yang dapat mengganggu pembuahan. Anti oksidan tak hanya membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan dan mencegah penuaan sel, tetapi juga telur dalam saluran reproduksi.
Terdapat pada:
Buah dan sayuran berwarna cerah, jeruk, berries.

Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang meningkatkan kesuburan, makanan yang mengganggu kesuburan sebaiknya dihindari. Jangan mengkonsumsi alkohol, kafein, makanan instan yang umumnya mengandung beragam zat sintetis harus dihindari. Jauhi juga segala macam buah dan sayur kalengan yang memiliki nilai gizi yang sangat sedikit dan penuh dengan bahan pengawet dan pemanis buatan. Daging olahan dan makanan kaleng mengandung zat pengawet yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Hindari juga makanan manis berlebih, bila kadar gula darah dan insulin meningkat. Hal ini dapat mengganggu hormon yang bertanggung jawab untuk reproduksi, yang dapat menunda atau mencegah pembuahan.


Referensi:








Post a Comment