Pages

New Posts

Recent Posts Widget

Wednesday, July 22, 2015

Kelebihan Melahirkan Normal

keunggulan melahirkan normal
gambar: dari peterparkerblog.com

Persalinan normal seringkali menjadi momok menakutkan bagi para ibu hamil, utamanya dikarenakan gambaran rasa sakit dari cerita atau pengalaman para ibu yang telah lebih dulu mengalami persalinan normal. Padahal, saat ini sudah banyak solusi mengatasi rasa sakit ataupun resiko lain yang mungkin terjadi pada saat proses persalinan. Persalinan normal juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan melahirkan dengan operasi Caesar. Berikut kelebihan melahirkan normal yang semoga dapat meningkatkan semangat mama untuk melahirkan normal.


Untuk Ibu

Ibu lebih cepat pulih
Ibu yang melahirkan dengan normal mengalami pemulihan pasca melahirkan lebih cepat dibandingkan dengan ibu yang melahirkan dengan operasi. Biasanya dalam 4-6 jam ibu sudah bisa kembali berjalan sendiri dan sudah bebas bergerak.

Meningkatkan bonding (ikatan bathin) ibu dan bayi
Persalinan normal memberikan pengalaman tersendiri bagi ibu dan bayi, tiap tahapan prosesnya akan menjadi cerita dan  kenangan yang memperkuat ikatan bathin ibu dan bayi. Ibu yang melahirkan normal dapat melihat bayi yang telah dikandungnya berbulan bulan langsung setelah melahirkan, selain itu kerjasama ibu dan bayi dalam proses persalinan juga menciptakan ikatan bathin yang kuat antara ibu dan bayi.

Meningkatkan produksi ASI
Pada saat tahapan persalinan normal berlangsung tubuh ibu diberi komando untuk secara sinergi mempersiapkan diri dengan kehadiran bayi. Plasenta dan ari ari bayi yang perlahan terlepas secara alami memberikan perintah produksi ASI untuk memenuhi kebutuhan bayi setelah dilahirkan. Hal ini memacu produksi kolostrum dan ASI. Ibu yang melahirkan normal biasanya segera dilakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) yang juga menstimulasi produksi ASI.

Memperkecil resiko pendarahan
Ibu yang melahirkan dengan normal memiliki perlukaan dan jahitan lebih sedikit dibandingkan dengan ibu yang melahirkan melalui operasi, hal ini meminimalisir resiko infeksi dan pendarahan pasca melahirkan.

Mempercepat pemulihan psikologis ibu
Pada saat ibu ngejan dan akhirnya melahirkan sang buah hati, ibu akan mengalami kelegaan luar biasa yang memulihkan sisi psikologisnya. Proses dan tahapan persalinan yang dialami juga memberikan kesadaran pada sang ibu tentang kehadiran sang buah hati, tanggung jawab dan kebahagiaan yang datang bersamanya. Ibu yang melahirkan normal memiliki resiko lebih kecil mengalami sindrom baby blues (stress pasca melahirkan).

Mempercepat pemulihan rahim
Ibu yang melahirkan dengan normal tidak memiliki batasan waktu untuk kembali hamil sedangkan ibu yang melahirkan dengan operasi harus menunggu setidaknya dua tahun untuk hamil kembali. Hal ini dikarenakan rahim ibu yang melakukan persalinan normal pulih jauh lebih cepat.

Lebih hemat
Biaya melahirkan normal jauh lebih murah dibandingkan dengan persalinan dengan operasi. Mama dapat mengalokasikan dana untuk kebutuhan lain yang tak kalah pentingnya seperti program kesehatan anak, pendidikan anak atau kebutuhan lainnya.

kelebihan persalinan normal
gambar: dari ibu-hamil.web.id

Untuk Bayi

Paru paru bayi lebih kuat
Pada saat mendorong untuk melewati jalur lahirnya, bayi mengalami proses pengangkutan oksigen ke beberapa jaringan tubuh. Hal ini membantu pematangan paru paru sehingga paru paru bayi yang dilahirkan dengan normal lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang lahir caesar.

Daya tahan tubuh bayi lebih tinggi
Selama ibu mengalami kontraksi dan bayi berjuang untuk dilahirkan, tubuh bayi bersentuhan langsung dengan mikrobiota alami dari sang ibu. Ini merupakan salah satu fase penting yang secara medis terbukti mempengaruhi ketahanan fisik dan pertumbuhan bayi. Fase ini memberikan bayi antibodi penting untuk bertahan dari berbagai macam penyakit. Hal ini menjadikan bayi yang dilahirkan normal lebih jarang sakit dan lebih cepat pulih dibandingkan dengan bayi caesar yang tidak mengalami fase ini.

Bayi lebih mudah disusui
Bayi yang lahir melalui persalinan normal  lebih peka dan lebih tertarik melakukan tindakan pra menyusui seperti menghisap dan memijat payudara ibu. Proses melahirkan normal juga memberikan bayi bakteri baik yang didapat dari leher rahim ibu yang membantu mematangkan sistem pencernaannya.

Bayi lebih tenang dan adaptif
Pada persalinan normal terjadi sekresi endorphin yang dtemukan pada plasenta dan ari ari. Hal ini membantu bayi menyesuaikan diri dengan dunia luar serta membuat proses keluar lebih menenangkan bagi bayi .

Dengan berbagai kelebihan ini tentunya melahirkan dengan normal kini dapat menjadi prioritas ibu demi kesehatan ibu dan bayi. Namun bila memang kondisi tidak memungkinkan untuk melahirkan normal, operasi Caesar dapat dipilih sebagai pilihan terakhir.


Referensi:











Post a Comment