Pages

New Posts

Recent Posts Widget

Sunday, July 12, 2015

Pantangan Makanan Ibu Hamil

pantangan makanan selama hamil
Pada saat hamil, janin tumbuh berkembang di dalam rahim dan menyerap berbagai nutrisi yang didapat dari sang ibu. Karena itu mama perlu memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi selama hamil, makan makanan yang mendukung pertumbuhan calon bayi dan menghindari atau berpantang makanan yang tidak baik untuk janin Pada dasarnya apapun yang tidak baik untuk tubuh manusia sehat tentu tidak baik untuk janin. Untuk berkembang dengan baik janin perlu didukung dengan nutrisi baik dan meminimalisir racun ataupun zat pengganggu tumbuh kembang yang membahayakan janin.  Berikut rangkuman wangibayi.blogspot.com mengenai pantangan makanan ibu hamil


Rokok
Secara luas telah diketahui bahwa rokok mengandung racun berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai penyakit bahkan kematian. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif pun juga berpotensi mendapatkan resiko yang sama meskipun tidak mengkonsumsi rokok. Untuk itu ibu hamil diwajibkan untuk tidak merokok dan tidak berada di lingkungan yang terpolusi oleh asap rokok. Sebisa mungkin hindari asap rokok dan gunakan masker apabila terpaksa berada di tempat umum yang terpolusi asap rokok. Ganti atau cuci masker dengan rutin, dan jangan membalik atau menggunakan sisi masker yang sudah terpapar asap rokok.

Alkohol
Sudah banyak kajian ilmiah yang mendetail mengenai keburukan alkohol. Alkohol menyerang otak, syaraf, peredaran darah, saluran pencernaan dan lain lain yang mengakibatkan kerusakan tubuh dan bahkan perilaku. Perlu diingat ibu hamil mengandung janin yang ukuran tubuh dan beratnya masih sangat kecil, terutama pada trisemester pertama. Sesedikit atau serendah apapun kadar alkohol pada makanan ibu dapat menyebabkan gangguan tumbuh kembang serius pada janin termasuk cacat, kerusakan sel penting dan bahkan keguguran. Untuk itu alkohol berapapun kadarnya adalah pantangan wajib bagi ibu hamil.

Berikut makanan mengandung alkohol yang wajib  dihindari:
1. Minuman keras,
Semua minuman yang mengandung alkohol lebih dr 1% tidak boleh dikonsumsi, termasuk makanan yang dibuat dengan itu, seperti  steak, es krim beralkohol, pie beralkohol dll.
2. Produk fermentasi,
Termasuk soda, susu fermentasi, berbagai varian keju, yogurt, tape, brem, dll.
3. Buah dan daun beralkohol,
Buah yang mengandung alkohol antara lain durian dan anggur. Daun beralkohol yang biasa dijadikan minuman antara lain, varian daun berry, daun rosemary dan daun mint.

pantangan makanan ibu hamil
Varian keju , gambar : dari life.viva.co.id

Mentah dan Setengah Matang
Makanan mentah dan setengah matang rawan terpapar bakteri  dan parasit berbahaya seperti salmonella, listeria, dan toxoplasma yang dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin dan berpotensi menyebabkan keguguran. Hanya konsumsi makanan yang masak sempurna selama hamil. Contoh makanan mentah dan setengah matang yang perlu dihindari: sushi dengan topping mentah, mayonaise, sate, burger, buah dan sayur segar terutama kacang kacangan dan kecambah. Termasuk juga olahan susu yang tidak dipasteurisasi, seperti susu segar dan jenis keju lunak (parmesan, keju biru, mozzarella, dan feta).

Kafein
Kafein disebut sebagai salah satu zat yang dapat “menembus” plasenta sehingga dapat mempengaruhi detak jantung janin dan sistem pernapasannya. Kafein juga dikaitkan dengan resiko janin dengan berat badan rendah dan keguguran. Makanan dan minuman yang mengandung kafein antara lain coklat, rokok, kopi, teh, dan softdrink. Beberapa ahli membatasi konsumsi kafein per hari bagi ibu hamil adalah 200mg per hari setara dengan 1 gelas kopi encer per hari  

Merkuri
Makanan laut umumnya mengandung banyak omega 3 yang membantu kecerdasan otak, namun makanan laut juga mengandung banyak merkuri yang dapat menghambat perkembangan sistem saraf janin. Semakin besar dan tua ukuran binatang laut makan semakin tinggi pula kandungan logam merkurinya. Pilih ikan kecil, salmon yang tidak diternakan, udang dan kakap dengan asupan maksimal 340gr per hari. Hindari ikan hiu, tuna, makarel dan berbagai hidangan laut yang diasap.

Bergetah dan mengkal
Makanan bergetah dan mengkal biasanya mengandung lateks dan serat padat yang sulit dicerna. Lateks juga dapat memicu kontraksi dan menyebabkan keguguran. Buah yang mengkal seringkali mengandung bakteri listeria dan toxoplasma yang dapat menyebabkan bayi lahir cacat. Hindari makanan bergetah dan mengkal berikut ini, papaya muda termasuk daun pepaya, nangka, cempedak, pare dan salak.

Bromelain
Nanas adalah buah yang diketahui mengandung bromelain tinggi yang dapat melunakkan leher rahim atau serviks. Hal ini menjadikan rahim lemah dan dapat meluluhkan kandungan.
Nanas adalah salah satu pantangan makanan ibu hamil dan ibu yang merencanakan kehamilan.

Zat sintetis dan tambahan pada makanan
pantangan makan saat hamil
Bahaya zat aditif , gambar: dari rioyudhapratama.blogspot.com
Pemanis buatan, MSG, penyedap rasa, pewarna makanan dan zat lain yang biasanya terdapat pada makanan kemasan dan instan. Zat sintetis adalah zat kimia yang memiliki batas konsumsi per berat badan. Apa bila dikonsumsi lebih dari batasnya dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh. Mengingat ukuran berat badan janin yang sangat kecil, maka potensi kerusakan yang disebabkan zat zat tersebut pada janin tentunya lebih besar. Makanan yang mengandung zat sintetis dan tambahan antara lain, makanan kemasan, mi instan, berbagai daging olahan dan makanan kaleng.

Seringkali ibu hamil melanggar pantangan makan dengan alasan ngidam. Prioritas utama saat hamil adalah keselamatan ibu dan bayi untuk itu meskipun ibu ngidam makanan pantangan diatas, ingat kembali prioritas keselamatan ibu dan bayi sehingga diharapkan ibu tetap menjaga diri dan janin dalam kandungan dengan menjaga asupan makanan ibu selama hamil.


Referensi:
                                             







Post a Comment